Budidaya Melon Organik

Budidaya Melon Organik

Menikmati buah melon yang manis dan segar di musim panas memang tidak ada duanya. Dengan menanamnya sendiri, Anda bisa menikmati melon kapanpun, atau bahkan mungkin bisa digunakan sebagai penghasilan tambahan. Tips Budidaya Melon Organik Jika Anda tertarik membudidayakan melon sendiri, artikel ini akan membantu Anda dengan beberapa tips untuk membudidayakan melon organik.
  1. Mempersiapkan lokasi penanaman
Sebelum mulai membudidayakan melon, persiapkan dulu lokasi yang akan Anda gunakan untuk menanam. Pastikan tempat tersebut aman dari angin karena melon akan kesulitan tumbuh di tempat yang dingin. Sebaliknya, tanaman ini perlu sinar matahari penuh.
  1. Mempersiapkan dan menanam benih
Selanjutnya, rendam dulu benih dengan larutan pestisida organik selama 15 menit untuk memastikan agar melon yang akan Anda tanam bebas dari hama. Kemudian saat menanam benih, tutup benih dengan campuran abu sekam dan tanah dengan perbandingan 2:1.
  1. Pemupukan
Agar tanaman dapat tumbuh dengan baik, pemilihan pupuk yang tepat juga penting. Pemberian pupuk yang seimbang akan mendorong pertumbuhan melon dengan baik. Hasilnya, tanaman Anda akan tumbuh sehat, menghasilkan melon yang besar dan melimpah. Pupuk cair organik ROJOTANI bisa menjadi pilihan yang tepat. Pupuk ini  dibuat dengan kombinasi sari unsur nabati dan hewani, vitamin, serta asam amino esensial yang penting untuk pertumbuhan tanaman Anda. Kombinasi nutrisi penting pada pupuk cair organik ROJOTANI ini akan menguraikan sisa bahan organik dan anorganik pada tanaman, menyuburkan tanah, memicu pertumbuhan tanaman, serta meningkatkan jumlah dan kualitas hasil panen. Untuk menggunakannya, siapkan dulu tiga liter air dan pupuk cair organik ROJOTANI. Kocok dulu pupuk cair tersebut kemudian tuangkan 10 cc atau satu tutup botol pupuk cair organic ROJOTANI dengan 3 liter air. Selanjutnya, masukkan dalam botol semprot dan semprotkan campuran pupuk dan air ini pada tanaman melon Anda.
  1. Panen dan Penyimpanan
Saat memanen melon, pastikan buah tersebut sudah matang sempurna. Untuk mengetahui melon yang matang, perhatikan warna pada bagian batang buah melon tersebut, warnanya akan lebih terang.  Buah yang sudah matang juga akan lebih mudah dipetik hanya dengan tarikan ringan. Simpan di tempat yang sejuk tidak lebih dari 10 hari atau masukkan ke dalam lemari pendingin. Nah, setelah mengetahui beberapa tips di atas, Anda siap membudidayakan buah melon organik Anda sendiri. Selamat mencoba!.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *