Budidaya Ikan Air Tawar

Budidaya Ikan Air Tawar

Ternak ikan air tawar bisa menjadi salah satu alternatif untuk mendapatkan tambahan pendapatan. Pasalnya, ikan jenis ini paling sering dikonsumsi oleh masyarakat Indonesia. Selain memiliki kandungan protein yang baik untuk tubuh, ikan air tawar juga lebih mudah didapatkan dan harganya lebih terjangkau. Itulah mengapa budidaya ikan air tawar bisa menjadi pilihan.

Agar ikan tumbuh dengan lebih cepat, Anda perlu memperhatikan beberapa faktor penting seperti tempat pembudidayaan, media budidaya, bibit ikan yang Anda gunakan serta pemeliharaan yang terkadang juga membutuhkan nutrisi tambahan seperti SGB Bionutren.

Saat memiliki lokasi, pilih tempat yang jauh dari keramaian dan di lingkungan yang bebas dari limbah. Lokasi yang tenang dan jauh keramaian akan mencegah ikan stres. Setelah menemukan tempat yang pas, bersihkan lebih dulu semua kotoran atau rumput-rumput di sekitarnya agar kolam tetap bersih.

Ada beberapa media yang dapat Anda pilih seperti keramba, aquarium, atau membuat kolam dari semen, kolam terpal, atau kolam tanah. Pilih salah satu yang menurut Anda paling cocok. Yang penting, pastikan bahwa kolam tersebut selalu bersih dan dilengkapi dengan kain untuk menutupi kolam ketika menjelang sore. Hal ini dilakukan untuk mengurangi cahaya matahari menyinari kolam untuk merangsang hormon pertumbuhan pada ikan. Tapi ingat, pastikan terdapat lubang udara yang cukup.

Langkah selanjutnya adalah memilih bibit ikan. Apapun ikan air tawar yang Anda pilih, perhatikan dengan seksama kualitasnya. Periksa dari ujung kepala hingga ekor dan pastikan tidak ada penyakit ataupun cacat. Bibit ikan tersebut juga harus lincah berenang, tapi juga dapat berhenti untuk beberapa saat. Pilih bibit berukuran panjang sekitar 7 hingga 9 cm agar Anda bisa cepat panen.

Proses pemeliharaan bisa jadi hal yang paling sulit karena membutuhkan ketelatenan. Pastikan memberi makanan yang cukup dan mengandung nutrisi yang dapat menjaga kesehatan dan mendorong pertumbuhan ikan. Pellet yang Anda berikan haruslah mengandung karbohidrat, lemak, kalori, vitamin, mineral, dan protein.

Untuk mendorong manfaat nutrisi tersebut tambahkan SGB Bionutren pada pellet ikan Anda. SGB Bionutren akan meningkatkan nafsu makan, menjaga sistem kekebalan tubuh serta meningkatkan bobot dan kualitas daging ikan air tawar Anda. Selain itu, pertumbuhan ikan air tawar peliharaan Anda juga akan lebih cepat dengan SGB Bionutren.

Memelihara ikan memang butuh ketelatenan dan ketelitian. Meski demikian Anda bisa mendapatkan hasil yang memuaskan jika melakukannya dengan cara dan bahan yang tepat.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *